Jumat, 13 November 2009

LP3N BANGUN KEMITRAAN DENGAN PERUSAHAAN PETANI DAN NELAYAN


[ Selasa, 10 November 2009 pukul 15:57 wib. | 17 pembaca | 2.210 byte ]

News Room, Selasa ( 10/11 )
Sebagai Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) yang peduli terhadap persoalan ekonomi masyarakat, khususnya para petani dan nelayan, Lembaga Pendamping Penyuluh Petani & Nelayan (LP3N) yang memang memiliki visi meningkatkan tarap hidup petani dan nelayan menuju kemandirian yang sejahtera dan bermartabat." Mulai melakukan langkah-langkah konkrit untuk merealisasikan visinya.

Disamping itu, lembaga yang juga memiliki misi, untuk meningkatkan taraf hidup petani dan nelayan, membuka akses informasi dalam rangka meningkatkan SDM petani dan nelayan serta membangun kemitraan yang berbasis bisnis, usaha produktif yang berwawasan teknologi tepat guna ini dalam waktu dekat akan melakukan pendekatan kepada petani, untuk menerima masukan dan memberikan berbagai masukan yang dapat meningkatkan pendapatan mereka.

Direktur Eksekutif LP3N, Moh. Hasan ketika ditemui News Room disela-sela kegiatan sosialisasi di Desa Kertasada Kecamatan Kalianget tadi siang, Selasa (10/11) mengungkapkan, lembaganya untuk sementara memang baru akan berkonsentrasi di wilayah Madura, khususnya Sumenep.

"Sebab, potensi pertanian dan kelautan di Madura, khsususnya di Kabupaten Sumenep sangat memiliki potensi yang cukup bagus. Jadi, kami bukan malah menjadi pesaing Dinas maupun lembaga terkait. Namun, justeru menjadi mitra Pemerintah dalam bidang pemberdayaan, khususnya kepada petani dan nelayan Sumenep,"ujar Moh. Hasan.

Lebih lanjut Hasan, yang putra Sumenep ini, juga akan menggandeng beberapa perusahaan yang juga banyak memperoleh kontribusi dari petani dan nelayan, untuk bersama-sama melakukan upaya pemberdayaan kepada petani dan nelayan, melalui penyuluhan serta bentuk kerjasama saling menguntungkan, seperti modal usasha dan sebagainya.

Namun yang jelas tegas Hasan, pihaknya disamping juga sebagai fasilitator terhadap masing-masing kepentingan petani, nelayan dan perusahaan, lembaganya juga menjalankan misi pemberdayaan terhadap komponen di lembaganya, sehingga kedepan sama-sama memiliki peluang sukses, tidak hanya dimiliki oleh perusahaan, namun juga petani, nelayan dan para pelaksana yang memiliki akses untuk meningkatkan usaha bersama-sama. ( Ren,

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar